Jumat, 12 Mei 2017

Tips Cara Memperbaiki Motherboard Rusak


Tips Cara Memperbaiki Motherboard Rusak

Tips Cara memperbaiki Motherboard rusak. Motherboard atau juga biasa disebut Mainboard atau mobo merupakan papan utama yang digunakan untuk meletakkan komponen – komponen utama sebuah komputer seperti RAM, BIOS, ROM, microprocessor, dan chip kontroler lainnya. Pada motherboard juga tersedia SLOT Ekspansi yang menjadi tempat untuk memasang card tambahan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan dan fasilitas yang dibutuhkan. Microprocessor terpasang apda soket yang sesuai dengan ukuran dan bentuk microprocessor tersebut misalnya soket 370, soket 470, soket A 462, soket LGA 775, dan soket slot I.

Cara Memperbaiki Motherboard RusakCara Memperbaiki Motherboard Rusak

Pada motherboard microprocessor berkomunikasi dengan komponen lain melalui suatu jalur data. Motherboard yang dimiliki kadang tidak berkerja dengan mulus seperti apa yang Anda inginkan. Berikut ini beberapa tips cara memperbaiki motherboard rusak yang dapat dilakukan.

Motherboard mati total

Ketika motherboard rusak atau mati total, periksa power supply. Sebelumnya pastikan bahwa kabel power telah dilepas dari power supply. Lepas soket kabel atx1 yang terdapat pada Mainboard. Pasang lagi kabel power dan sambungkan kabel warna hijau dengan kabel warna hitam. Periksalah apakah kipas pada power supply berputar atau tidak. Jika kipas berputar, berarti power supply masih bagus. Lepas lagi kabel sambungan tadi dan pasang lagi kabel Atx1 ke motherboard. Cek jumper Clear CMOS apakah berada di posisi Free atau Clear. Kalau motherboard baru basanya posisi jumper CMOS berada pada posisi Clear. Cek IC Chipset dan pastikan dalam keadaan tersambung serta di switch On. Periksa apakah panasnya berlebih atau tidak. Bila terjadi overheat, maka chipset tersebut sudah rusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar